o

Makna Tugu Countdown PON XVIII Tahun 2012

Tugu Countdown PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau diresmikan pada tanggal 9 September 2011, bertepatan dengan peresmian Tugu Countdown 365 Hari Menuju PON XVIII Riau 2012. Dalam peresmian  Tugu Countdown banyak sekali artis yang datang seperi Geisha Band , Lyla dan juga Iwan Fals.

Tugu Countdown ini terletak di pusat kota Pekanbaru, tepatnya di Jl Tjut Nyak Dhien, antara Menara Lancang Kuning dan Gedung Perpustakaan H Soeman HS.Tugu tersebut setinggi 9 meter, diatasnya dipasang display elektronik yang mencantumkan Hari, Tanggal, Jam, Menit dan Detik yang berjalan mundur. Di setiap sisinya terdapat televisi layar lebar, sedangkan jam-nya hanya berada di dua sisi. Sedangkan dua sisi lainnya terpasang gambar maskot.

Di bawah jam tersebut ada buku berwarna hijau yang mengartikan masyarakat Riau suka membaca dan suka menjaga lingkungan. Lalu dibawanya lagi ada semacam prasasti yang mencantumkan ikrar tentang komitmen masyarakat Riau untuk menyukseskan PON Riau 2012.

Tugu countdown ini merupakan pertama kali dibangun untuk menyambut PON Riau 2012. Pada PON sebelumnya tidak pernah ada countdown, termasuk untuk even Asian Games yang digelar di Indonesia. "Kita sengaja membuat countdown untuk memperlihatkan keseriusan Riau dalam menyelenggarakan PON

Makna Tugu Countdown PON XVIII Tahun 2012 :

  1. Tinggi 9 meter : Melambangkan tanggal penyelenggaraan PON XVIII tahun 2012
  2. Bentuk 2 buah tower : Bentuk abngunan melengkung (melambangkan kedinamisan aktifitas olahraga), dua buah tower yang tidak sama tinggi (melambangkan perlombaan atau kompetisi yang sportif untuk menjadi yang terbaik (sang juara)
  3. Buku : Sebagai simbol Al-Quran yang melambangkan Al-Quran menjadi pedoman dalam bertindak dan berperilaku dalam apapun jua
  4.  Anak Tangga yang berjumlah lima 5 anak tangga : Melambangkan Rukun Islam sebagai ketentuan utama masyarakat melayu Riau
  5. Tower yang dikelilingi kolam : Melambangkan "back nature" sebagai dasar berpijak dan moto "go green" yang dicanagkan Pemerintah Provinsi RIAU.

Berikut Foto  Tugu Countdown PON XVIII Tahun 2012 Pada Acara Peresmian 


 Sumber Foto : Pojok Photo Blog

ADD COMMENT