o

Anyaman Bambu Riau

Anyaman bambu riau, selain anyaman pandan, masyarakat Riau juga mnegenal anyaman bambu. Kerajinan ini terutama terdapat didaerah Kuantan Singigi, Siak, Bengkalis, Pelalawan, dan Kampar.

Secara adat, anak gadis Yang sudah baligh tidak lagi bebasberkeliaran diluar rumah. Umumnya mereka melakukan semua kegiatan di dalam rumah dengan istilah gadis pingitan. Pada masa ini, kepada mereka diajarkan berbagai keterampilan dan ilmu pendidikan laiinya. Disalah satu daerah yaitu di Desa Pertapahan, Kabupaten Kampar, anak-anak gadis wajib mengetahui bagaimana cara membuat barang keperluan adat, yaitu Tudung Sapi yang terbuat dari bambu.

Pada setiap upacara adat, terutama pada acara makan beradat, tudung saji ini memegang peranana penting sebagai tutup hidang bagi makanana untuk jamuan tokoh-tokoh adat da ini merupakan adat budaya yang diwarisi turun temurun sampai kini.

Sedangka didaerah lain, anyaman bambu ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan antara lain alat penagkap ikan, dan hanya merupakan kerajinan membuat benda-benda keperluan rumah tangga yang umumnya untuk dipergunakan sendiri.

Sumber : Khazanah Kerajinan Melayu Riau 

ADD COMMENT