o

PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau Multi Even Penyelenggaraan Moderenisasi Termegah

PON Riau XVIII
Perjalanan PON atau Pekan Olahraga Nasioanl diawali dengan penyeleggaraan PON I di Solo pada tahun 1948. Dipicu oleh kegagalan partisipasi atlet Indonesia pada Olimpiade XIV tahun 1948 di London karena belum adanya pengakuan kedaulatan secara luas di kalangan Internatioanal.

Pesta Olahraga multi event nasioanal ini dilaksanakan dengan maksud untuk menunjukkan eksistensi Repuplik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 sekaligus sebagai upaya untuk memperkuat rasa persatauan bangsa. Di masa selanjutnya, selain untuk mempererat persatuan nasional PON diselenggarakan setiap empat tahun sebagai tolok ukur pencapaian prestasi olahraga nasional Indonesia.
PON XVIII Insyaallah diselenggarakan pada tanggal 09 September 2012 di Provinsi Riau rencana dibuka oleh Bapak Presiden RI dan penutupan ole Bapak Wakil Presiden RI pada tanggal 20 September 2012.
Untuk yang kelima kalinya pesta olahraga multi even dan modernisasi tingkat nasional ini dilangsungkan di luar jawa,setelah PON III tahun 1953 di Medan,PON IV tahun 1957 di Makasar,PON XVI tahun 2004 di Palembang dan PON XVII di Kalimantan Timur.

Pada PON XVIII tahun 2012 di Riau nanti yang dipertandingkan sebanyak 39 cabang olahraga dengan lokasi pertandingan yang tersebar di Pekanbaru, Bengkalis, Dumai, Siak, Pelalawan, Kampar,Rokan Hulu,Indragiri Hulu,Indragiri Hilir,dan Talukkuantan.

Logo yang di tetapkan adalah Perahu Lancang Kuning dan Maskot penyelenggaraan PON kali ini adalah burung Serindit sebagai satwa khas dari Riau.
 
Slogan PON adalah Menuju Modernisasi Penyelenggaraan PON XVIII Tahun 2012 di Provinsi Riau, dengan Moto : Catur Sukses PON XVIII Tahun 2012 yaitu Sukses Penyelenggaraan,Sukses Prestasi,Sukses Promosi Daerah dan Sukses Ekonomi Kerakyatan.

Untuk memperingati penyelenggaraan pesta olahraga termegah tingkat nasional tersebut,maka bertepatan dengan tanggal pembukaannya diterbitkan prangko seri PON XVIII, Desain prangko yang diajukan menampilkan Stadion Modern yang berkapasitas setara klas dunia,serta menampilkan cabang olahraga yang diunggulkan diantaranya, Dayung, Senam, Menembak, Takraw, Angkat Besi, Binaraga dan Terjun Payung.

Stadion Utama Riau  adalah venues utama penyelenggaraan PON XVIII Stadion   yang   terletak  di   Pekanbaru  ini   menjadi   tempat   upacara pembukaan dan penutupan serta pertandingan  sepak  bola Dengan  kapasitas  yang  bisa  menampung  sekitar  40  ribu  penonton serta   prasarana     pendukung  modrenisasi, stadion  ini  dinilai  sangat  Representatif untuk penyelenggaraan event olahraga berskala  nasional maupun internasional. (Zainuddin.S-Pos)

ADD COMMENT