o

Berkunjung Sanak Keluarga Dalam Adat Perkawinan Melayu Bengkalis

Setelah mandi kumbo taman dilanjutkan lagi dengan berkunjung sanak keluarga. Pengantin baru sudah semestinta mengharapkan doa dan bimbingan dari sanak keluarga dalam menuju keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Untuk mendapat doa dan bimbingan ini, kedua mempelai diharuskan lebih banyak mengadakan pendekatan, beramah tamah dan bersilahturahmi dengan sanak keluarga daari kedua belah pihak. Oleh karena itu kedua mempelai setelah melaksanakan upacara pernikahan dikehendaki berkunjung kerumah sanak saudara, pepatah menagatakan "tak kenal maka tak sayang".



Dengan keramahan dan sopan santun yang ditunjukoleh kedua mempelai dapat dinilai dan dapat dilihat mana yang kurang akan ditambah, bila berlebih akan dikurangi. Setiap kunjungan dari rumah kerumah yang dilakukan oleh kedua mepelai senantiasa ditemani oleh satu atau dua orang perempuan yang sudah berkeluarga.

Disaat kunjunga inilah datuk, nenek, pakcik dan makcik memberikan kata-kata nasehat tunjuk ajar kepada kedua mempeali dalam mengaruni bahtera rumah tangga, terutama kewajiban terhadap Allah SWT tidak boleh diabaikan.

Demikianlah sekelumit rangkaian upacara aat pernikahan masyarakat melayu Bengkalis untuk dapat dipahami dan dipedomani. Semoga.

Nak bepanton siket !!!

         Pada tembaga jangan dituang
         Jika dituang melepuh diri
         Adat lembaga jangan dibuang
         Jika di buang binasa diri.

ADD COMMENT