o

Apa itu berinai Curi ?

            Masih tentang adat istiadat pernikahan melayu Bengkalis lannjut pada langkah yang keempat mengantung, pada malam harinya menjelang tidur calon kedua mempelai ditempat atau dirumah yang berbeda oleh Mak andam dilaksanakan upacara berinai curi. Berinai curi menurut adat & resam masyarakat melayu hanya dilakukan terhadap calon mempelai yang perawan dan jejaka, dengan kata lain tidak terhadap janda dan duda.

              Sesuai dengan nama curi berarti tidak diketahui oleh orang banyak. Oleh karenanya berinai curi dilaksanakan pada tempat atau ruangan yang tertutup, sehingga pelaksanan berinai curi tidak dilihat semua orang. Disaat calon mempelai perempuan diletakkan inai oleh Mak Andam, beberapa orang tua perempuan datang berkunjung kerumah calon mempelai laki-laki dengan membawa seberkas inai disertai kue untuk diberikan kepada calon mempelai laki-laki.


               Inai adalah sejenis daun yang kemudian diolah dan digiling menjadi halus, kemudian diletakkan pada jari jemari kaki dan tangan dari kedua calon mempelai.Dari kegiatan seperti ini dapat diketahui apakah calon kedua mempelai masih gadis atau janda, jejaka atau duda.

               Inai yang diletakkan kepada kedua calon mempelai sedikit bebeda diantara calon mempelai laki-laki dengan calon mempelai perempuan. Hal ini berdasarkan kepada syariat agama Islam,dimana pengguanan perhiasan atau pakaian kaum laki-laki tidak boleh menyerupai kaum perempuan, sehingga inai yang diletakkan kepada calon mempelai laki-laki hanya beberapa jari jemari tangan dan sedikit ditelapak tangan, sedangkan terhadap calon mempelai perempuan diletakkan inai selain pada jari jemari tangan, telapak tangan dan sekeliling telapak kaki dibagian pinggir.


                Untuk menambah serinya helat pernikahan diruang yang berbeda katika Mak Andam meletakkan inai dijari mempelai perempuan, dirumah bagian tengah dipersembahkan musik tradisional melayu seperti Bardah, Rebana atau Kompang hingga larut malam.
               
                 Jari suda berinai merah, bunga ditaman sudah pun disunting, kumbang pun terbang tak hinggap kemana, untuk mencapai tujuan hidup bersama kedua calon mempelai diharuskan memasuki tahapan berikutnya yakni "Berandam".

               
               

ADD COMMENT