o

Defenisi Meminang

            Lanju tahapan yang kedua dalam pelaksanaan pernikahan/perkawinan adat melayu yaitu meminang.
Meminang adalah suatu pekerjaan melamar yang dilakukan secara resmi oleh pihak keluarga laki-laki terhadap seorang anak gadis atu perawan. Dengan berpakaian harian masyarakat melayu yang dikenal denagan pakaian Baju Kurung Melayu, beberapa orang tokoh adat laki-laki dan perempuan  datang berkunjung kerumah pihak perempuan untuk menyampaikan hasrat yang terkandung.

            Pada saat ini ungkapan yang dipergunakan adalah bahasa kiasan seperti ucapan terhadap seorang gadis disebut "bunga" sedang terhadap pihak laki-laki disebut "gumbang".



            Dirumah pihak perempuan telah menanti beberapa orang tua sanak keluarga laki-laki dan perempuan dengan berpakaian baju kurung melayu. Kedatangan utusan pihak keluarga laki-laki disambut dengan muka yang jernih dan dada yang lapang.

            Setelah perbincangan berselang beberapa saat petatah petitih silih brganti akhirnya kesepakatan telah didapati, maka seperangkat alat peralatan perunangan seperti sebentuk cincin emas belah rotan pun diserahkan oleh tokoh adat pihak laki-laki kepada pihak perempuan sebagai petanda anak perawannya sudah disunting orang dan mulai saat disebut masa pertunangan. Sejalan dengan adat lama masa pertunagna bagi masyarakat melayu Bengkalis diantara 3 (tiga) sampai dengan 6 (enam) bulan.

             selain menyerahkan sebentuk cincin emas belah rotan utusan pihak keluarga laki-laki biasanya juga menyerahkan seperangkat pakaian dan kue-mueh untuk anak perempauan yang dilamar.

             Dalam masa pertunangan banyak pantang dan larangan yang harus dijaga oleh kedua belah pihak anatara lain anak perawan maupun anak laki-laki yang dalam pertunangan tidak dibenarkan untuk bergaul secara leluasa seperti biasa.

             Kedua orang tua baik dari pihak laki-laki maupun pihak perempuan saling mengawasi anak-anaknya agar tidak terjadi cacat cela. Sesuai denagn janji yang telah disepakati maka tahapan berikutnya adalah "ANTARAN BELANJA".

ADD COMMENT